Mahasiswa Menuhankan IP

Oct 4, 2011



IP atau bisa juga kita sebut index prestasi merupakan nilai yang kita peroleh di akhir semester kuliah kita. Mahasiswa akan menjadi sangat sibuk mengurusi nilai mereka pada akhir semester. Nilai IP itu bervariasi, dari 1 sampai 4. Karena bentuknya nilai, IP adalah salah satu cara untuk mengukur hasil belajar kita, ya seperti nilai-nilai lain yang pernah kita terima. Nah, celakanya banyak di antara kita yang menganggap IP adalah satu-satunya nilai ukur seorang mahasiswa. Tak heran kita rela melakukan banyak cara demi membuat IP kita bagus, baik itu cara yang baik atau cara yang tidak sehat, haha!. Tapi memang seperti itulah gambaran sebagian besar mahasiswa jaman sekarang, mahasiswa menuhankan IP.

Mari kita mulai dengan pengertian menuhankan, bertuhan. Kita artikan saja secara sederhana, menuhankan itu artinya menganggap begitu penting. Kenyataannya, nilai memang masih menjadi hal yang begitu penting bagi kita. Tak heran bila kita mengerjar nilai dengan cara apapun, termasuk tradisi nyontek. Mungkin ada beberapa alasan mengapa kita melakukan itu, pertama, kita masih terbawa tradisi SMP-SMA dimana saat itu nilai masih begitu penting, atau yang kedua, karena salah satu faktor diterimanya kita di lapangan kerja adalah nilai kuliah kita. Kalau melihat alasan tersebut rasanya memang wajar, tapi coba pikirkan, Apa yang akan kita lakukan untuk merubah bangsa ini menjadi lebih baik bila kita bahkan tidak mampu merubah pola pikir kita bahwa ada hal yang lebih penting dari sekedar mengejar nilai, yaitu ilmu yang kita dapat di perkuliahan dan bagaimana penerapannya di masyarakat?

Rasanya terlalu murah bila usaha kita yang masyaallah, sudah sungguh-sungguh bila hanya dihargai dengan beberapa digit angka di KHS. Seharusnya kita bisa melihat bahwa ini bukan hanya masalah nilai, suatu saat kalian akan sadar bahwa ternyata nilai A, B, C, atau bahkan D sekalipun tidak sepenting yang kalian kira. Jadi belajarlah yang rajin, rubah pola pikir, luruskan niat, jangan percaya kalau nanti nilai-nilai itu akan menolong kita, musrik itu, haha.

NB : Nilai itu memang penting, nanti pasti disertakan saat kita akan melamar kerja, tapi sekali lagi masih ada yg lebih utama, seperti kelakuan, psikologis, dan kemampuan berkomunikasi.

No offense, cuma untuk renungan.

3 comments:

  1. setuju banget dengan tulisan di atas.. ada hal yang jauh lebih penting daripada sebuah nilai. yaitu ilmunya..

    ReplyDelete
  2. .moga2 banyak yg setuju, mas

    ReplyDelete