Tips Untuk Blogger Labil

Aug 10, 2011

Menyebalkan,

Padahal banyak hal yang ingin aku tulis pas bulan puasa ini, tapi tidak satupun terpublish. Aku bahkan belum menulis ucapan selamat menjalankan ibadah puasa. Mungkin karena aku terlalu banyak ide untuk ditulis disini dan ingin ide itu terwujud menjadi tulisan yang bagus, tapi ekspektasi yang berlebihan itu malah membuat aku belum menulis satupun. Tahukan kalian banyak tulisan yang baru seperempat jalan di draft maupun masih dalam bentuk doc? Semua itu karena aku terlalu berkonsentrasi pada kualitas tulisan-tulisan itu daripada tulisan itu sendiri.

Tapi beruntunglah aku di pagi menjelang siang hari ini, aku mengunjungi sebuah blog yang berisi sebuah tulisan yang agak menyebalkan, menurutku. Aku jadi sadar bahwa yang terpenting adalah bukan seberapa bagus atau (bahkan) seberapa banyak paragraph yang bisa aku tulis, tapi menulis sesuatu dan dibagikan ke orang lain adalah sudah merupakan hal yang lebih dari cukup.


Kadang kita berpikir, ya memang berpikir adalah hal yang jarang kita lakukan, menurutku. Bahwa tulisan yang kita buat harus banyak. Jadi saya punya sedikit tips, kali ini serius,

Niatkanlah menulis yang penting menulis.

Niatlah menulis satu paragraph (paragraf, Msword mulai sok tahu) saja. Kalau memang secara keterlaluan tulisan yang kita buat memang benar-benar hanya satu paragraph, tidak apa-apa, publish saja. Kalau belum selesai jangan disimpan sebagai draft, nekat saja lah dipostkan tapi kasih tulisan bersambung begitu ya, biar teman-teman tahu kalau tulisan kita memang belum selesai.

Mulai sekarang, belajarlah untuk mengurangi fokus pada apa yang kita tulis dan lebih berfokus pada menulis itu sendiri.

4 comments:

  1. wah saran yang sangat sangat bagus..
    yang penting mari kita berbagi tulisan, jangan melulu berbagi kegalauan..
    jujur, kita semua pasti sebal juga kalo selalu baca update status yg isinya kegalauan setiap hari.. hehe

    ReplyDelete
  2. .yaah, bicara ttg galau, tulisan yg ini mmng untuk menjawab kegalauan saya yg sejak lama mau ngepost ga jadi jadi, uhehe

    .kalau update status galau saya masih sering mas!

    ReplyDelete
  3. hmmm... pasti galau karena asmara nih.. hehe

    ReplyDelete
  4. saran yang bagus =D tulisanmu bagus, lucu hehe

    ini saran nya bakal sangat berguna bila kamu nanti sudah menginjak dunia perskripsian. tulis aja apa yang ada biar satu paragraf.

    ReplyDelete