Beberapa waktu yang lalu saya mengantar dua orang teman menyambangi 
pameran komputer di Diamond Convention Center, Solo. Setelah keduanya 
mendapatkan barang yang mereka cari, kami langsung pulang. Barangkali 
itu adalah kunjungan ke pameran komputer tersingkat yang pernah saya 
alami. Selain karena saya ingin segera ngantor, saya sudah bosan.
Semuanya masih sama. Saya sudah tidak lagi terkesan
 seperti saat pertama kali mengunjungi pemeran di tempat yang sama. 
Bahkan tema Pameran Komputer Rakyat yang disuguhkan oleh Apkomindo hanya
 mentok pada dekorasi pintu gerbang: ada tiruan tiang panjat pinang dengan berbagai macam handcraft
 gadget di atasnya sebagai hadiah. Harga barang-barang elektronik yang 
melambung akibat melemahnya rupiah semakin mempersempit korelasinya 
dengan tema-- harganya saja sudah tidak merakyat.
"Tetapi pengunjungnya tetap banyak ya.." Kata teman saya waktu kami membahas kenaikan harga sembari berjalan menuju tempat parkir.
"Yaa.. mungkin sekitar 20-30 persen lah, haha!" Katanya, sebuah analisa luar biasa yang dibuat sambil tertawa.

Mendengarnya berkata begitu, saya kemudian menyimpulkan bahwa dia berada di antara 20-30 persen orang tersebut, istilah kerennya (yang saya buat sendiri): the thirty-percenter.
Dia membeli sebuah smartphone yang tipenya sama 
dengan yang sebelumnya dia beli, Smartfren Andromax C. Hanya saja, kali 
ini warnanya putih. Seperti namanya, ponsel pintar pabrikan Hisense 
tersebut sudah terikat (bundle) dengan provider CDMA Smartfren. 
Memang tulisannya dual mode, CDMA dan GSM, namun yang GSM tidak bisa 
digunakan untuk melakukan koneksi internet, nah gimana tuh!
"Ini untuk adikku, dia minta dibelikan yang sama.." Katanya seolah-olah membaca pertanyaan yang muncul di pikirkan saya.
"Sekarang harganya 800 ribu!?" Kata saya dengan nada 
agak keras ketika melihat harga yang tertera pada brosur. Agak terkejut 
juga sih, soalnya harga Andromax C yang dia beli sebelumnya hanya 700 
ribu, padahal paket sebulan internet gratisnya saja belum habis.
Selain itu, harga yang tertera di papan iklan masih 650 ribu. Kok bisa ya?
Keesokan harinya, teman saya menjelaskan pertanyaan saya dengan jawaban yang sederhana: trik pasar.
Jadi begini, harga yang tertera pada papan iklan 
memang 650 ribu--lebih tepatnya, 800 ribu yang disilang diganti 650 ribu.
 Penggantian label harga menjadi lebih murah tersebut sedikit banyak 
memang menarik sebagian orang (termasuk kadang saya) untuk membelinya.
Cara tersebut biasanya diterapkan pada barang yang 
mulai tidak laku, untuk mengangkat kembali pasarannya. Terbukti, setelah
 penurunan harga, produk Andromax C banyak dicari orang. Review produk 
yang saya lihat di internet beberapa waktu yang lalu juga ramai.
FYI, sudah ada tiga teman dekat saya yang beli hape ini. Bentuk komunitas aja, Mas!
Hebatnya, ini bukan gambling. Ketika barang 
semakin laris, barang semakin langka (atau sengaja dilangkakan). Melihat 
geliat konsumen, produsen bisa saja menahan produksi barang ini agar 
terlihat semakin habis.
Ketika orang berminat untuk membeli hape murah ini, namun mulai agak susah mencarinya, yaa.. naik naik dikit nggak apa-apa lah. Maka dari itu, ada label harga baru, yaitu 700 ribu tadi.
Dengan harga 700 ribu yang ternyata masih laku, ditambah informasi tentang nilai dolar yang menguat, viola! jadilah harganya kembali seperti semula, dengan kemungkinan masih bisa naik lagi.
Dan trik pasar semacam ini sangat mungkin juga diaplikasikan ke gadget-gadget yang lain.
Kredit tersendiri bagi teman saya. Luar biasa, meskipun aware dengan permainan pasar semacam ini, demi adiknya tetap beli juga. #thumbsup
So, the thirty-percenter, you are also already aware with this kind of trap, right? :)
-the seventy percenter | @cahyoichi
 
 
0 comments:
Post a Comment